Gigi Berlubang

Posted by Unknown Wednesday 1 January 2014 0 comments

Jangan biarkan gigi berlubang karena menimbulkan sakit gigi
Penyebab kebanyakan orang yang mengalami sakit gigi selain penyakit gusi 

adalah  gigi berlubang atau juga sering disebut rongga gigi.Nama lain dari gigi berlubang adalah karies yaitu lubang dalam pada lapisan luar gigi yang namanya dentin dan enamel.Enamel yaitu adalah bagian terluar gigi yang berwarna putih dan keras sedangkan yang disebut dentin adalah adalah lapisan yang posisinya pas dibawah enamel dan berwarna kuning.Lapisan dentin dan enamel memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi pulp.Pulp adalah jaringan hidup pada gigi manusia dimana darah dan syaraf berada.Pada mulut manusia ada bakteri tertentu yang mampu merubah zat gula menjadi asam.Gula yang sudah berubah menjadi asam akan dan melarutkan enamel dan dentin.Adanya air liur dalam mulut kita membantu proses pelunakan dan pelarutan tersebut. Maka setelah lunak dan larut barulah terbentun lubang pada gigi.Maka dari itulah para dokter gigi selalu menganjurkan kita agar setelah makan makanan yang manis atau minum minuman yang manis cepat-cepat kumur atau kalau bisa gosok gigi.Manakala sudah terdapat rongga pada gigi kita rasa sakit tidak akan langsung terasa namun seiring dengan berjalannya waktu apabila lubang kecil bertambah maka lubang gigi semakin banyak dan semakin dalam.Bila rongga atau lubang sudah dalam maka bisa menjadi tempat untuk sisa makanan.Pulp hidup dalam pada gigi yang terkena bisa terganggu oleh bakteri beracun atau bisa juga terganggu oleh makanan dan minuman yang terlalu panas ,asam,dingin dan manis.Maka akibatnya gigi terasa sakit.Apnila dibiarkan maka lama -kelamaan bisa terjadi cedera pada pulp dan bila cederanya parah bisa mengakibatkan kematian jaringan pulpa dan juga bisa terjadi abses gigi.Abses gigi adalah infeksi gigi.Kebanyakan orang sakit gigi dikarenakan gigi berlubang. Perawatan pada rongga gigi yang kecil dan juga dangkal  biasanya akan melibatkan gigi mengisi.Sedangkan perawatan pada rongga yang lebih besar akan melibatkan mahkota atau hiasan.Apabila pulp terluka karena rongga yang menembus atau pada kasus gigi yang terinfeksi atau abses gigi adalah saluran akar prosedur atau juga disebut ekstraksi gigi yang terkena.Prosedur saluran akar  akan mengaitkan  penghapusan jaringan pulpa mati sehingga infeksi gigi bisa dihindari lalu mengganti dengan bahan inert atau pengisi.Langkah ini dijalankan untuk mencegah kematian gigi dari ekstraksi.Setelah dilakukan saluran akar gigi lebih rentan pada fraktur dan akan sering butu hiasan sebagai pelindung gigi.


gigi berlubang karena dibor


Jangan biarkan gigi berlubang


Apabila gigi berlubang terjadi pada kita maka jangan sekali-kali membiarkannya karena apabila dibiarkan kuman akan menyerang syaraf dan pembuluh darah didalam gigi kita,juga perlu  diperhatikan lubang pada gigi akan merata bila kita biarkan.Pada waktu kuman menyerang syaraf gigi kita maka rasa sakit yang akan kita rasakan akan spontan tanpa adanya rangsangan dan rasa sakitnya terasa berdenyut terus menerus.Kebanyakan masyarakat bila mengalami hal ini yaitu rasa denyut yang terus menerus pada gigi maka mereka akan mencari onat penghilang rasa sakit dan itu memang bisa hilang rasakit pada gigi tetapi hanya sementara saja ,apabila efek dari pada obat itu hilang rasa sakit itu akan datang kembali.Perlu diketahui cara kerja obat seperti ini adalah dengan mematikan syaraf perasa pada bagian yang sakit saja dan efek jangka panjang akan berakibbat buru pada ginjal kita karena sering mengkonsumsi obat-obatan.

apa bila keadaan seperti ini dibiarkan terus menerus tanpa ada tindak lanjut perawatan pada gigi akibatnya adalah bakteri penyebab sakit gigi akan terus menerus melepaskan toksinnya sampai menembus ujung akar gigi.Maka tubuhpun akan bereaksi untuk melindungi dari racun itu dan akibatnya terbentuklah abses atau peradangan,granuloma dan bahkan bisa memunculkan kista pada ujung akar gigi.Manakala pasien telah mengalami hal-hal diatas saat itu merka akan merasakan sakit saat gigi ditekan atau saat mengunyah makanan dan terkadan akan muncul bengkak kecil pada bagian gusi disekitar akar gigi tersebut.

Apabila pada keadaan seperti ini masih saja dibiarkan maka tentu saja kuman akan terus menerus melanjutkan pelepasan tokxinnya melalui pembuluh darah pada area gigi yang sakit keseluruh organ dalam tubuh manusia dan akibatnya adalah menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung,ginjal,lambung dan berbagai penyakit lainnya .semua penyakit itu datang dikarenakan macam-macam penyakit gigi dan mulut yaitu  gigi berlubang.

agar tidak sampai terjadi gigi berlubang maka saya akan bagikan tips merawat gigi berlubang .

walaupun keadaan gigi berlubang tidak bisa nampak dengan jelas tetapi keberadaan gigi berlubang bisa diketaui dengan mengemali cici dari gigi berlubang misalnya tampak bintik-bintik hitam kecil-keecil pada gigi.Pada saat muncul tanda bintik-bintik hitam belum terasa sakit namun kita harus waspada.

Bila sudah muncul bintik hitam janganlah kita biarkan saja karena bila dibiarkan akan timbul gigi berlubang yang disertai rasa sakit ,cenut-cenut atau ngilu manakala kita makan makanan yang manis atau asam.Bila dibiarkan saja maka bisa-bisa kedalaman  lubang gigi itu akan bertambah dan menembus lapisan tulang gigi.

Agar hal ini tidak terjadi berikut saya akan sampaikan tips cara menangani gigi berlubang,hal-hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk kondisi gigi yang lebih baik.



Tips mengatasi gigi berlubang DanTahapan dan gejala gigi berlubang


Bila tampak bintik-bintik hitam itu adalah awal dari karies atau gigi berlubang.Agar tidak lebih parah lagi maka segera kedokter gigi untuk segera ditambal.

Mana kala lubangnya agak lebih dalam dengan disertai rasa ngilu cenut-cenut terhadap rangsangan rasa manis atau asam lubang gigi baru sampai di email gigi dan kalau kedokter gigi bisa segera ditambal dan terkadang dokter akan melakukan pengobatan terhadap gigi .

Apabila pada tahap ini masih dibiarkan maka lubang semakin dalam dan akan menembuh lapisan dentin atau tulang gigi kita .Gejalanya gigi akan merasa sakit pada rasa dingin dan panas .Apabila pada tahap ini kedokter gigi maka gigi harus diobati atau kalau perlu di beri pelapis atap syaraf gigi lalu kemudian barulah ditambal.

Apabila lubang gigi sudah pada lapisan dentin aatau tulang gigi tetapi masih saja dibiarkan saja maka akibatnya akan terjadi peradangan syaraf gigi dan gigi kita akan terasa sakit dengan rasa ngilu,cenut-cenut yang sangat hebat.Rasa sakit ini akan bertambah kuat bila kita berbaring atau tidur.Bila pada tahap ini anda berangkat kedokter gigi maka dokter akkan mematikan syaraf gigi merawat dan mengawet gigi kita barulah gigi ditambal.

Bila sudah menembus dentin masih saja dibiarkan tidak dirawat. maka gigi akan mati artinya gigi kita tidak merasakan sakit tetapi kuman terus merusak gigi kita .Pada keadaan seperti ini bila dibawa kedokter gigi terkadang dokter masih mau mengobati dan diberi perawatan secara endodontik diawetkan dan ditambal.Maka sering kita melihat orang yang giginya berwarna hitam nah itulah gigi yang trlalu besar lubang giginya.

Manakala gigi sudah mati tetapi dibiarkan saja maka bisa terjadi infeksi gigi yang diikuti abses dan juga disertai nanah .Bisa juga pembengkakan gusi sampai dipipi.

Apa bila gigi kehilangan jaringan tulang pendukung maka biasanya gigi akan goyang dan bila dirawat dengan cara dokter yang biasa ,biasanya gigi ini akan dicabut.

Bila luka gigi sudah sembuh maka dokter akan membuatkan gigi baru.


Langkah Awal menangani gigi berlubang

1.Gunakan multi vitamin yang dapat  membantu penyerapan kalsiumuntuk menguatkan gigi yang berlubang.
2.Bila sudah nampak bintik hitam pada gigi yang menandakan lubang gigi segera gunakan pasta gigi yang mengandung flouride yang bisa mambantu pencegahan pembesaran pada lubang gigi.

3.Sikat gigi anda dengan pelan-pelan dari atas kebawah.Lakukan hal ini pagi hari 15 menit setelah sarapan dan malam hari sebelum anda tidur.

4.hindari makan  makanan yang manis atau asam untuk menghindari rasa ngilu.

5.Periksa kedokter gigi minim 6 bulan sekali untuk memastikan kebersihan dan kesehatan gigi kita.

6.Bila anda menyikat gigi maka pilihlah yang bulu sikatnya lembut dan ukuran sikatnya kecil untuk menjangkau bagian paling dalam pada gigi.


7.Tahap berikut dokter akan mengobati gigi anda.

8.Bila rasa ngilu sudah tidak terasa maka barulah dilakukan penambalan pada gigi.

Nah cukup sekian tentang gigi berlubang penyebab sakit gigi semoga artikle ini bermanfaat.
Baca juga tenta masalah gusi bengkak  dan gusi berdarah
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gigi Berlubang
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sakitgigikita.blogspot.com/2014/01/gigi-berlubang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Pages

Popular Posts

Buat Email | Copyright of Sakit Gigi.

histat