Plak Gigi dan Karang Gigi

Posted by Unknown Saturday 4 January 2014 1 comments
palk gigi dibersihkan scaller
Plak gigi adalah suatu lapisan yang ada diatas gigi yang terdiri lapisan bening dan kuman.Plak yang banyak dan berpadu dengan zat kapur yang terdapat pada air liur akan membentuk karang gigi.Ada sekitar 350 jenis kuman yang ada didalam mulut yang bisa menjadi sumber penyebab karies.Apabila pada gigi atau pada sela-sela gigi terdapat sisa-ssisa makanan yang tidak bersihkan maka sisa makanan itu akan dicerna oleh kuman-kuman didalam mulut kita.Lama-kelamaan akan munculah karang gigi.


Tips Mencegah Karang Gigi


1.Sikat gigi


Sikat gigi secara teratur untuk membersihkan semua kotoran dan sisa makanan yang ada pada gigi.Hal ini sangat dianjurkan oleh semua ahli gigi diseluruh dunia.Sikat gigi teratur sebelum dan sesudah bangun tidur dan 15 menit sesudah makan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi agar tidak sampai sakit gigi.


2.Berkumur


Sebuah penelitian para ahli gigi didunia membuktikan bahwa dengan berkumur bisa mengusir lebih dari 2 milyard kuman penyebab sakit gigi dari dalam mulut.Dengan rutin berkumur maka akan mengurangi terjadinya karang gigi.


3.Memakai listerine.


Ini adalah salah satu anjuran para ahli gigi Listerine terbukti dapat membunuh 100% kuman penyebab sakit gigi didalam mulut .


4.Bersiwak.


Bersiwak adalah perbuatan sunah .Bukan hanya menjadikan gigi dan gusi sehat namun bersiwak dapat mendatangkan keberkahan pada orang yang mau istikomah dalam bersiwak.

5.Memakai benang gigi


Selain usaha diatas masih perlu anda memaki benang gigi karena sisa makanan yang padat disela-sela gigi terkadang tidak bisa terkangkau oleh bulu sikat atau siwak maka benang gigi sangat penting dalam membersihkan sisa makanan penyebab plak dan karang gigi.

6.Periksa kedokter gigi secara rutin


Dengan anda rutin periksa kesehatan gigi ke para dokter gigi maka anda bisa lebih memahami tentang keadaan gigi dan gusi anda.Rutin kedokter gigi setiap 6 bulan sekali sangatlah penting.

7.Selektif dalam memilih makanan 


Ada 2 jenis makanan dalam hal ini yaitu makan yang mudah mennnggalkan sisa digigi atau yang mudah menempel dan makanan yang tidak mudah meninggalkan sisa atau tidak mudah menempel.Makanan yang mudah menempel digigi misalnya roti,pisang susu yang muda,cokelat.Makanan yang mudah mempel pada gigi selain mudah menimbulkan karang gigi jua dapat menyebapkan munculnya lubang gigi.

Tips ini tentunya hanya berlaku bagi yang giginya masih sehat tidak ada karang gigi atau tidak punya keluhan terhadap masalah gigi dan gusi namun bagaimana bila gigi ini sudah banyak dihinggapi atau ditumbuhi karang gigi ?Nah untuk itu saya juga akan sampaikan cara manghilangkan karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi secara medis



Para ahli gigi telah menyiapkan solusi untuk masalah karanag gigi yang selama initelah banyak meresahkan para selebritis seperti saya.Tak heran bila didepan para fans atau penggemar saya minder bila hendak pasang senyum yang panjang lebar takut kelihatan karang gigi di gigi saya nah dengan penemuan ini saya tidak perlu merasa khawatir lagi.

"Mohon jangan hiraukan paragraf diatas."

Scalling

Penemuan dalam dunia kedoteran oleh para ahli gigi itu adalah scalling.Scalling adalah suatu tidakan yang dilakukan dengan tujuan membersihkan karang pada gigi dengan memakai alat yang diberi nama scaller.

Alat yang dinamakan scaller ini terdiri dari beberapa bagian.1 set kotak scaller terdiri dari

scaller untuk membersihkan karang gigi

- Hoe scaller
Hoe scaller memiliki bantuk seperti cangkul tetapi ukuranya kecil dan disesuaikan dengan ukuran gigi manusia.Fungsi dari hoe scaller adalah untuk  membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus pada gigi.

- sikle scaller 
Sikle scaller adalah alat yang memiliki bentuk/desain  seperti bulan sabit.Alat ini didesain seperti bulan sabit dengan tujuan agar bisa membersihkan kalkulus pada ruang interdental.

- wing set scaller 
Alat ini diberi nama wing set scaller karena desain yang mamang seperti sayap/wing .Desain yang berbentuk seperti sayap difungsikan untuk membersihkan bagian sub atau supra ginggiva kalkulus.

- curret scaller 
 Kalau alat yang satu ini dibentuk seperti sendok.Fungsi dari pada curret scaller adalah untuk mengambil cementum,jaringan linak,dan sub ginggiva kalkulus pada saku gusi.

- file scaller 
 File scaller adalah alat yang memiliki bentuk seperti kikir.Alat inidifungsikan  untuk membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus. 

- chisel scaller 
Alat yang terakhir adalah chisel scaller .Alat ini memiliki bentuk seperti pahat yang mana memiliki fungsi  untuk membersihkan sub atau supra ginggiva kalkulus.

-bahan untuk scalling
Saat hendak melakukan scalling dibutuhkan bahan untuk membantu proses scalling agar alatnya dapat difungsikan dengan maksimal.Bahan untuk scalling adalah disclosing agent . Disclosing adalah suatu cairan yang berwarna merah yang diberikan ketika  pemeriksaaan gigi untuk mengetahui plak serta karang gigi yang ada  pada permukaan gigi sehingga tampak lebih jelas mana saja yang hendak dibersihkan.


Tahap penggunaan scaller


1.Persiapkan bahan dan alt yang dibutuhkan untuk proses scalling.

2.Cucilah tang dan gunakan sarung tangan yang steril agar lebih aman dan sehat serta kenakan masker.

3.Pastikan pasien yang hendak melakukan proses scalling dalam keadaan nyaman.

4.Berikan cairan disclosing agent pada pasien dilidahnya dan suruh pasien untuk meratan cairan itu diseluruh bagian gigi.

5.Setelah rata cek mana saja bagian gigi yang terdapat karang yang harus dibersihkan.

6.Bersihkan menggunakan scaller manual maupun elektronik.(gunakan lah satu tumpuan untuk fraksi).

Setelah proses scalling bersih jangan lupa untuk memberikan intruksi pada pasien agar mau menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi denganrajin menyikat gigi,rajin minum air putih dan berkumur,rajin memakan buah dan sayur yang kaya akan serat dan air.



Cara menghilangkan Karang Gigi Secara Alami


Selain cara medis yang menggunakan tegnologi canggih dan maju ada pula cara sederhana yang tidak kalah dan selain hasilnya juga bagus dengan cara ini lebih hemat biaya.Berikut tips cara menghilangkan karang gigi

1.Cengkeh

Cengkeh adalah ramuan mujarab warisan nenek moyang kita.Cengkeh dapat fimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi serta efek dari penggunaan cengkeh selain gigi jadi bersih nafas jadi harum.Caranya cukup mudah,ambil biji cengkeh yang sudah kering lalu tumbum sampai halus.Setelah halus oleskan pada bagian gigi dengan merata.

2.Biji asam kawak


Asam kuwak sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi.Dapat dipakai untuk membersihkan karang pada gigi dan caranyapun cukup mudah.Ambil bii asam kuwak lalu sangrai dan tumbuk sampai halus.Gunaka hasil dari tumbukan biji asam kuwak untuk pasta gigi anda.

3.Sering makan apel


Kalau untuk cara beriktu ini adalah dari pengalaman orang-orang yang memakan apel tanpa dikupas.

Nah itulah beberapa tips menghilangkan karang gigi baik secara edis maupun secara alami.Semoga bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Plak Gigi dan Karang Gigi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sakitgigikita.blogspot.com/2014/01/plak-gigi-dan-karang-gigi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Unknown said...

Wah bagus sekali informasinya untuk saya, terimakasih.
Jika karang gigi sudah hilang, tapi mulut masih berbau tak sedap, ini ne cara menghilangkan
http://timenewsatu.blogspot.co.id/2015/10/cara-menghilangkan-bau-mulut.html


Post a Comment

Pages

Popular Posts

Buat Email | Copyright of Sakit Gigi.

histat