Sakit gigi

Posted by Unknown Wednesday 1 January 2014 0 comments
sakit gigi adalah rasa sakit pada gigi
Didalam dunia kedokteran telah lama sekali para dokter didunia ahli gigi melakukan berbagai macam penelitian tentang kesehatan mulut dan masalah gigi. Ternyata hasilnya berbagai jenis macam penyakit  gigi dan mulut bisa timbul dari wilayah rongga mulut kita.Ada banyak sekali penyakit yang terkait dengan masalah sakit gigi misalnya saja sakit jantung,Wah mengerikan sekali ya hanya karena sakit gigi saja bisa menimbulkan sakit jantung dan berbagai jenis penyakit lainya maka wajib bagi kita mempelajari penyebab sakit gigi untuk menghindari sakit gigi sedini mungkin.

Selain penyakit jantung ternyata gigi kita ada hubunganya dengan semua organ tubuh manusia itu artinya sisa makan dalam mulut yang tidak dibersihkan dengan benar bisa mengakibatkan masalah yang sangat besar sekali.

 Sumber sakit gigi 

Berbagai macam penyakit gigi dan mulut sebenarnya bersumber dari plak gigi.Ini adalah sumber utama yang harus kita hilangkan karena plak gigi bisa timbul setiap saat.Plak adalah suatu lapisan yang tipis dan bening  yang melekat pada bagian permukaan gigi,gusi dan lidah manusia.

Apabila plak didalam rongga mulut kita tidak dibersihkan maka lama-kelamaan akan menimbulkan karang gigi.Apabila karang gigi telah terbentuk maka karang gigi ini akan mencengkram bagian leher gigi manusia.Maka setelah leher gigi dicengkram oleh plak warnanya berubah menjadi kemerahan,kehitaman,kecoklatan dan bisa juga kehijauan.Apabila dibiarkan maka karang gigi ini bisa merusak gigi kita.

Walaupun gigi manusia sangat kuat tetapi bila berhadapan dengan karang gigi maka gigi kita tidak mampu bertahan.Dan bila gigi sudah rusak maka untuk penyakit gigi dan mulut serta pengikutnya seperti jantung hanya  tinggal menunggu waktu.Misalnya halitosi atau bau mulut.Ini sering terjadi pada orang yang banyak terdapat karang gigi pada gigi mereka.Lubang pada akan cepat muncul bila digigi sudah ada karang digigi kita dan bahkan bisa juga menimbulkan infeksi.Manakala gigi kita sudah terinfeksi akibatnya bisa menimbulkan sakit kepala.

Macam-macam Penyakit Gigi dan Mulut.

Ada beberapa macam penyakit gigi dan mulut yang sering dialami oleh semua orang diantaranya yaitu

1 . Gigi berlubang(caries atau cavity)

Penyakit gigi berlubang atau dental caries adalah penyakit yang paling sering dialami oleh kebanyakan para penderita penyakit gigi.Hal ini sudah umum terkadi di masyarakat akan tetapi walau sudah tahu bahaya akan sakit gigi kebanyakan orang tidak segera ambil tindakan untuk mengatasinya.Ada beberapa yang jadi penyebab mereka tidak mau segera mengambil tindakan diantaranya


-Perasaan takut

Adanya rasa takut yang terlalu berlebihan pada para dokter gigi.

-Minimnya dana 

Memang untuk kedokter gigi itu butuh dana yang tidak sedikit dan ironisnya kebanyakan masyarakat di Indonesia adalah dari kalangan menengah kebawah.


-Rasa malas 

Akan tetapi walaupun ada banyak orang mampu dalam segi dana rasa malas mencegah mereka untuk berangkat ke dokter gigi.

Walaupun sudah diumumkan tentang pentingnya periksa gigi 6 bulan sekali kedokter gigi namun karena kesadaran kesehatan masyarakat yang minim maka banyak dokter gigi yang sepi pasien.

2.Gusi bengkak(Gingivitis)

Gusi bengkak adalah penyakit yang ditimbulkan karena plak gigi yang lama tidak dibersihkan sehingga menimbulkan karang gigi.Hal ini tidaklah terlalu berbahaya apabila karang gigi segera dibesihkan.Tetapi bila dibiarkan saja maka akan menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan kita.Jadi plak pada gigi bisa menimbukan penyakit gusi seperti gusi bengkak bahkan bisa sampai terjadi pendarahan pada gusi.


3.Sariawan(Stomatitis)

Sariawan terjadi atau ada karena banyak faktor penimbulnya diantaranya adalah
-stress
-faktor keturunan
-depresi/tekanan jiwa
-Perasaan takut dan cemas yang berlebihan
-tergigit
-perubahan hormon
-Dampak dari minum minuman yang mengandung cafein
-kekurangan vit C dan B12

Agar tidak terjadi sebaiknya lakukan pencehan terhadap sariawan.Cara pencegahan sariawan adalah hindari stress dan bila terjadi stress segera datang kedokter psikolog,rajin olah raga,sering konsumsi Vit C dan B12 ,gosoklah gigi anda dengan pasta gigi yang mengandung zendium,oleskan zat anti nyeri atau anti septik pada bagian yang mungkin akan timbul sariawan.

4.Tumor gigi

Apabila gigi anda sakit jangan sekali-kali cabut sendiri karena sudah banyak kasus mereka yang suka mencabut gigi mereka sendiri malah berakibat tumor gigi,Tumor gigi adalah salah satu dari macam macam penyakit gigi dan mulut yang sangat ganas karena tidak hanya merusak penampilan wajah kita namun bisa berujung pada kematian dan tidak hanya itu namun saat pertumbuhan tumor pada gigi prosesnya sangat menyakitkan makanya bersihkan gigi anda setelah makan dan sebelum tidur.

Berbagai macam jenis penyakit gigi dan mulut sudah disampaikan namun bukan hanya itu saja karena masih banyak penyakit yang timbul terkait dengan mulut dan gigi.Perlu kita ketahui bahwa penyakit terbesar yang menyerang beberapa negara didunia adalah penyakit gigi dan mulut termasuk diantaranya adalah indonesia.

Begitu banyak orang yang terkena gangguan penyakit gigi dan mulut adalah tanda bahwa banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.Penyakit gigi bermula dari sisa makanan dan kuman dalam mulut sehingga menimbulkan plak pada gigi yang lama kelamaan akan menimbulkan karang gigi dan gigi berlubang sehingga menjadi sarang kuman  yang merusak gigi,gusi dan mulut kita terutama saat kita tidur.

Sebenarnya penyakit gigi berlubang tidak perlu kita takuti karena pencegahanya pun sangat mudah.
Berikut akan saya share beberapa tips mencegah sakit gigi

Tips Mencegah sakit gigi

1.Rajin-rajinlah mengosok gigi

Kebiasaan rajin menggosok gigi adalah suatu kebiasaan yang sangat bagus untuk mencegah macam-macam penyakit gigi dan mulut bila kita rajin-rajin menggosok gigi tidak perlu kita cari obat sakit gigi.Lalu berapa kali kita harus menggosok gigi?sebaiknya lakukan setiap selesai makan dan sebelum dan sesudah tidur .

Setelah sarapan ,makan siang,makan malam kita harus menggosok gigi dan juga bila kita selesai makan yang manis-manis maka cepatlah gosok gigi kita.Saat menyikat gigi perlu diperhatikan bahwa saat yang paling tepat anda menyikat gigi bila selesai makan adalah diatas 15 menit setelah makan itu dikarenakan kadar asam dalam gigi kita berubah maka tunggulah 15 menit sampai kadar asam pada gigi kembali normal.

Apabila anda ingin anak anda rajin gosok gigi maka ajarkan padanya pentingnya gosok gigi sejak dini agar menjadi kebiasaan baginya saat dewasa nanti.Dan bagi yang belum terbiasa maka mulai sekarang biasakan gosok gigi 2 kali 2 hari dan setelah makan agar gigi kita bersih dan sehat.

2.Flossing gigi

Yaitu membersihkan sisa makanan disela-sela gigi kita memakai benang gigi.Sisa makan yang dibiarkan menempel pada gigi akan menimbulkan bau tak sedap dan juga maca-macam penyakit gigi dan mulut.

Hal ini berlaku sama pada gigi semua orang termasuk anda maksudnya bila tidak dibersihkan maka akan muncul bau tak sedap dan macam-macam penyakit gigi dan mulut.

Ada banyak orang bertanya kenapa gigi saya masih kuning dan bau tak sedap muncul dimulut saya nah flossing gigi bisa anda jadikan alternatif untuk mengatasinya dan caranyapun sangat mudah.Ambilah menang 30 cm dan taruhlah disela-sela gigi anda dan tarik perlahan agar benang itu tidak melukai gusi kita dan tidak menimbulkan gigi kita goyah.

3.Memakan Makanan Bergizi

Makanan bergizi adalah penting bagi tubuh dan gigi adalah bagian tubuh manusia yang membutuhkan nutrisi untuk tetap terjaga kesehatanya agar tidak memunculkan macam-macam penyakit gigi dan mulut.Ada banyak makanan yang sangat baik untuk kesehatan mulut kita diantaranya.

-Buah dan sayuran

Kegemaran seseorang memakan buah dan sayuran adalah suatu hal yang sangat baik untuk kesehatan gigi kita karena pada sayur dan buah terdapat banyak serat yang merangsang gigi untuk lebih beraktifitas.Hal ini akan menimbulkan air liur yang banyak pola dan air liur sangat penting untuk kesehatan rongga mulut kita.Vitamin dan protein pada sayuran dan buah sangat baik untuk kesehatan rongga mulut dan gigi karena menjadi penyuplai gizi bagi mulut dan gigi.

-Kacang-kacangan

Karies gigi akan hilang bila kita makan kacang-kacang karena pada makanan jenis kacang-kacang banyak mengandung kalsium dan fosfor.Bila rajin makan kacang-kacangan bisa mengurangi asam dan bakteri didalam mulut kita.Dan kalsium pada kacang berfungsi membentuk email gigi.

-Susu

Kandungan kalsium pada susu sangat dibutuhkan oleh gigi dan biasakan minum susu setiap hari agar gigi kita sehat selalu.

-Makan berprotein tinggi.

Makanan yang berprotein tinggi akan membuat gigi tetap terjaga kesehatanya.Anda bisa mendapatkan makanan dengan protein tinggi pada daging sapi,ikan,daging ayam dan telur.
Itulah tips mencegah sakit gigi dan mulut lakukan tips diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu gigi putih,sehat dan tidak bau mulut.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sakit gigi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sakitgigikita.blogspot.com/2014/01/sakit-gigi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Pages

Popular Posts

Buat Email | Copyright of Sakit Gigi.

histat