Penyakit Gusi Gingivitis

Posted by Unknown Saturday 25 January 2014 1 comments
gingivitis

Gingivitis Adalah 


Secara bahasa gingivitis adalah peradangan pada gusi atau secara definisi lainya menurut depkes R.I 1983 gingivitis adalah merupakan suatu penyakit yang mana orang yang menderita tidak merasakan adanya rasa sakit pada bagian yang terkena, sehingga bisa berlalu selama berminggu-minggu, berbulan-bulan dan bahkan bias bertahun – tahun tanpa adanya perhatian . Kalau menurut Depkes R.I  ditahun 1987, radang gusi adalah merupakan peradangan pada gusi yang memperlihatkan adanya suatu tanda penyakit atau semacam kelainan pada gusi. Sedangkan menurut Be Kie Nio (1987), secara bahasa radang gusi  atau yang sering disebut gingivitis  berasal dari 2 kata yaitu  gingiva yang berarti  gusi dan it is yang berarti radang maka bias disimpulkan bahwa gingivitis adalah peradangan pada gusi.

Apa Penyebab Gingivitis ?

Peradangan  gusi atau gingivitis hanya akan terjadi apa bila ada penimbunan plak pada bagian permukaan gigi, terutama penimbunan pada bagian yang berdekatan dengan gusi.

Maka dari penjelasan tadi sudah bisa  simpulkan bahwa seseorang yang tidak mau membersihkan giginya dengan baik dan benar secara teratur serta membiarkan adanya plak tertimbun dan berkumpul pada permukaan gigi yang berdekatan dengan gusi maka pasti terkena penyakit gingivitis atauradang gusi.
Prosesnya adalah bakteri yang ada pada plak akan terus mengeluarkan racun disertai zat – zat lain yang bisa merangsang gusi.

Maka radang menjalar terus disepanjang akar gigi yang menyebabkan gigi pada bagian gusi yang radang menjadi goyah. Karena ada peradangan maka disekitar gigi muncul nanah yang menjadi sebab munculnya bau yang busuk. Serta gusinya kelihatan bengkak karena adanya nanah itu dan bisa mengeluarkan darah kalau disentuh . 
 Kalau menurut Martariwansyah pada tahun 2008, faktor yang paling utama penyebab terjadinya gingivitis adalah penumpukan plak gigi yang berdekatan dengan gusi yang mengandung berjuta-juta bakteri. Selanjutnya bakteri dan produk – produknya ini kemudian akan menyebar keseluruh daerah saku gusi maka akibatnya lama kelamaan terjadi inflamasi atau peradangan pada gusi anda.

Ciri-ciri Gingivitis

 Para ahli gigi dan gusi telah melakukan banyak penelitian tentang tanda-tanda dari gingivitis dan yang sering ditemukan adalah terjadinya perubahan warna pada gusi, bentuk gusi, konsistensi (kekenyalan gusi), tekstur gusi, dan adanya pendarahan pada gusi.

Perubahan warna gusi

Gusi yang waktu sehat berwarna merah muda maka pada saat terkena penyakit gingivitis akan berubah menjadi Nampak merah kebiru – biruan.

Perubahan bentuk gusi

Gusi yang terkena gingivitis pun akan berubah bentuk  yang tadinya waktu sehat tepi gusi berbentuk tajam mirip seperti pisau maka saat terkena gingivitis menjadi bulat.

Perubahan konsentrasi pada gusi

Selain berubah warna dan bentuk  konsentrasi pada gusipun yang tadinya berkonsistensi keras serta kenyal maka saat terkena masalah ini akan menjadi lunak dan juga mudah rusak. Pada bagian permukaan gusi juga berubah yang tadinya berstipling semacam kulit buah jeruk, kini menjadi agak licin dan nampak mengkilap diakibatkan ada jaringan yang mengalami pembengkakan/peradangan. 

Gusi berdarah

 Dan yang terakhir adalah yang pada saat sehat gusi awalnya tidak pernah berdarah maka saat gingivitis terjdi  menjadi gampang berdarah. Gusi yang mudah berdarah ini dikarenakan akibat dari peregangan pada pembuluh darah maka akhirnya gusi akan sangat rentan terhadap cedera .
Tanda – tanda terjadinya gingivitis adalah perubahan warna yang tadi Nampak merah muda maka saat terjadi peradangan berwarna merah menyala hingga sampai kebiru – biruan, pada bagian margin terjadi pembengkakan, gingiva atau gusi tidak lekat lagi pada gigi dan juga procesus alveolaris, adanya saku gusi dalam serta terdapat eksudat dan mudah terjadi pendarahan .

 Proses timbulnya penyakit radang gusi atau gingivitis

 Radang gusi atau gingivitis hanya bias terjadi kalau saja ada penumpukan/penimbunan plak serta karang gigi pada permukaan gigi yang dekat dengan gusi. Maka bisa dikatakan apa bila seseorang yang tidak mau membersihkan giginya dengan baik dan benar serta membiarkan plak tertimbun dan mengendap pada permukaan gigi yang mana berdekatan dengan gusi maka pasti terkena gingivitis radang gusi.
 Proses dari pada terjadinya gingivitis adalah bakteri pada plak yang menempel pada gigi mengeluarkan racun serta zat – zat lain yang akan merangsang gusi. Radang gusi menjalar terus disepanjang akar gigi yang akan menyebabkan gigi anda menjadi bias goyang selain itu akibat dari adanya radang pada gusi maka sekitar gigi muncul adanya nanah yang akan menimbulkan bau yang cukup tidak enak atau busuk.  Orang yang mengalami gusi bengkak maka akan mudah berdarah manakala tersentuh baik saat makan atau saat mengosok gigi.

Komplikasi penyakit radang gusi

Sebagaimana penyakit lain pada umumnya sering kali apabila dibiarkan berlama-lama maka bisa menimbulkan penyakit baru. Begitu pula dengan radang gusi billa dibiarkan bisa mendatangkan masalah baru. Berikut beberapa komplikasi karena masalah gingivitis.

1. Periodontitis

Penyakit yang pertama adalah periodontitis. Periodontis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan periodontal karena dampak lanjut darimasalah gingivitis atau radang gusi yang tidak terawat.
Periodontis dibagi jadi 2 menurut tempat terjadinya peradangan periodontitis
- Periodontitis Marginalis
Yang pertama adalah margialis adalah merupakan peradangan dari jaringan penyangga gigi yang mengenai gusi/gingiva sampai dengan periodontal ligament.
- Periodontitis Apikalis
Yaitu peradangan jaringan periodontal didaerah sekitar apeks gigi sebagai kelanjutan dari masalah peradangan pulpa yang menyeluruh atau karena disebakan trauma.

2. Bau mulut

Halitosis atau bau mulut adalah suatu keadaan mulut mengeluarkan bau busuk yang tidak enak atau sering disebut napas yang tidak sedap.
Halitosis atau bau mulut dapat disebabkan oleh 2 faktor penyebab :
a) Faktor Fisiologis
Faktor ini dikarenakan produksi air ludah yang kurang saat tidur.
- Makan dan minuman
Sisa makanan dan minuman yang dicerna oleh kuman penyebab bau mulut.
b) Faktor Patologis
Faktor kelainan rongga mulut seperti Radang gusi / gingivitis
- Plak gigi
- Oral hygiene buruk
- Karies
Apabila gingivitis dibiarkan maka bisa mengakibatkan bau mulut.


 Penyebab bau mulut/holitosis dan gigi berlubang/karies sangat banyak sekali. Pada umumnya bau mulut/holitosis  ini diakibatkan oleh faktor makanan terutama makanan yang memiliki bau atau aroma yang cukup tajam seperti sayur jengkol, kebiasaan merokok, konsumsi bawang putih,  sayur petai, dan buah durian. Holitosis terjadi bukan cuma karena makanan saja tetapi juga karena faktor lainya yang berbahaya seperti munculnya plak yang mana plak adalah rumah para kuman untuk berkembang, adanya karang gigi akibat penimbunan plak, terjadinya gigi berlubang baik kecil maupun besar, terjadi infeksi pada gusi, mulut kering dan juga penyakit lain yang menyertainya misalnya kencing manis/diabetesmilitus, gangguan fungsi pada organ ginjal , gangguan penyakit liver kronis dan sinusitis yang berdampak cukup fatal bagi kesehatan secara umum. Tidak hanya itu, halitosis/bau mulut juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang wajar seperti kebiasaan diet yang tak sehat atau pola makan yang tidak teratur, kebiasaan minum minuman keras seperti alkohol dan juga sering merokok.
 

Bau mulut (halitosis) berasal dari hidung dan mulut yang terdapat bau yang busuk. Pada kondisi bau ulut yang parah tidak cukup hanya dengan melakukan pembersihan biasa seperti melakukan sikat gigi dan juga flossing. Banyak orang yang pada pagi hari mulutnya bau tetapi ini bukanlah karena penyakit holitosis. Masalha bau mulut tidak dibatasi oleh usia seseorang, suku/ras, seks, atau bahkan tingkat keadaan sosial ekonomi manusia.

3. Pembentukan saku gusi (Poket)

Saku gusi adalah merupakan sulcus gingiva/gusi yang bertambah dalam bila dilihat secara patologik.
Tidak ada keluhan sakit bila ada saku gusi sedang terjadi, akan tetapi  bila ada pembentukan saku maka 1 atau bahkan lebih dari beberapa gejala berikut akan tampak pada gusi :
- Perasaan tertekan sehabis memakan makanan akan tetapi lama - kelamaan perasaan ini akan berkurang.
- Bau busuk di dalam mulut pada bagian gigi geligi
- Kecenderungan untuk mengisap – isap daerah antara gigi geligi.
- Rasa nyeri atau ngilu yang luas pada daerah yang dalam tulang terutama pada musim hujan.
- Sakit yang di sertai gatal seolah ada ulat dalam gigi kita.
- Kinginan untuk menusuk gigi sampai keluar darah dan setelah darah keluar hati jadi lega.
- bolus – bolus makanan yang melekat diantara dereetan gigi.
- Persaan gigi seperti longgar.
- Muncul kebiasaan mengunyah sebelah sisi saja baik kiri atau kanan saja.
- Sensitife terhadap suhu panas dan dingin.
- Rasa sakit pada bagian gigi tanpa ada gigi berlubang atau karies.(P.W.Siregar,1981:144)

d. Gigi goyang(grade)

 Radang gusi kalau dibiarkan,maka penyakit menjalar terus sepanjang akar gigi dan merusak serat-serat halus yang mengikat akar gigi pada tulang lambat laun gigi menjadi bergoyang(Dep.Kes.R.I.,1990:19)
Ada empat macam jenis derajat kegoyangan pada gigi :
- Derajat 1 : bila seorang penderita merasa terjadi kegoyangan pada gigi, akan tetapi operator tidak melihat adanya kegoyangan
- Derajat 2 : gigi terasa seperti goyang dan memang terlihat goyang 

- Derajat 3 : kegoyangan gigi pada arah horizontal oleh lidah
- Derajat 4 : kegoyangan gigi pada arah horizontal dan juga vertikal oleh lidah
(Depkes. R.I., 1996)
- Gigi lepas (Avusi)
Gigi lepas sebelum waktunya, karena sakit kalau dipakai untuk mengunyah makanan dan menggigit makanan sehingga fungsinya hilang (Depkes, R.I., 1994). 

 

4. Cegah Gingivitis

- Memelihara kebersihan mulut
Menyikat gigisecara teratur dan menggunakan benang pembersih gigi guna membersihkan sela – sela gigi.
- Pembersihan karang gigi yang melekat pada gigi
- Pemeriksaan berkala 6 bulan sekali kedokter ahli gigi
- Kalau ada tanda – tanda segeya periksakan ya
- hindarilah makanan yang mengandung gula
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penyakit Gusi Gingivitis
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sakitgigikita.blogspot.com/2014/01/penyakit-gusi-gingivitis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Lisa Kenneth said...

I'm 57 years old and female. I was diagnosed a couple of years ago with COPD and I was beyond scared! My lung function test indicated 49% capacity. After having had flu a year ago, the shortness of breath, coughing and chest pains continued even after being treated with antibiotics. I've been smoking two packs a day for 36 years. Being born without a sternum caused my ribs to be curled in just one inch away from my spine, resulting to underdeveloped lungs. At age 34 I had surgery and it was fixed. Unfortunately my smoking just caused more damage to my already under developed lungs. The problem was having is that I enjoy smoking and don't want to give up! Have tried twice before and nearly went crazy and don't want to go through that again. I saw the fear in my husband and children's eyes when I told them about my condition then they start to find solution on their own to help my condition.I am an 57 now who was diagnose COPD emphysema which I know was from my years of smoking. I started smoking in school when smoking was socially acceptable. I remember when smoking was permitted in hospitals. It was not known then how dangerous cigarettes were for us, and it seemed everybody smoked but i was able to get rid of my COPD lung condition through the help of  Dr Akhigbe   total cure herbal medicine. my husband saw his testimony on the internet he used his powerful medicine to cured different diseases. we contacted his email   [drrealakhigbe@gmail.com}   He has the right herbal formula to help you get rid and repair any lung conditions and others diseases, will cure you totally and permanently with his natural organic herbs,We received the medicine through courier delivery service. I wish anybody who starts smoking at a young age would realize what will eventually happen to their bodies if they continue that vile habit throughout their life.
Dr Akhighe also cured diseases like, HERPES, DIABETES, HIV/AIDS, COPD, CANCER,ASTHMA,STROKE,LUPUS,JOINT PAIN,CHRONIC DISEASES,PARKINSON DISEASES,TUBERCULOSIS,HIGH BLOOD PRESSURE,BREAST INFECTION,WOMEN SEXUAL PROBLEM, GINGIVITIS, ERYSIPELAS,STAPHYLOCOCCUS,HEPATITIS A/B, QUICK EJACULATION,GONORRHEA,SYPHILIS,WAST/BACK PAIN,PELVIC INFLAMMATORY, DICK ENLARGEMENT,HEART DISEASES,TERMINAL ILLNESS,SHIFT IN FOCUS,ATAXIA,COMMON COLD,CROHN'S DISEASES,ALCOHOL SPECTRUM DISORDER,GRAVES DISEASE,HEARING LOSS, INTERSTITIA CYSTITIS,LEUKEMIA,MULTIPLE SCLEROSIS,OBESITY,RABIS,SCOLIOSIS,INFLUENZA, POLIO,JACOB,ETC. If you are out there looking for your cure please  contact  dr Akhigbe  by his email    drrealakhigbe@gmail.com     or contact his whatsapp number   +2349010754824
God bless you Dr Akhigbe for your good hand work on my life.

Post a Comment

Pages

Popular Posts

Buat Email | Copyright of Sakit Gigi.

histat