Sakit Gigi dan Penyebab Sakit gigi

Posted by Unknown Wednesday 1 January 2014 1 comments
saya ahli sakit gigi




Yang dimaksud dengan sakit gigi adalah rasa sakit,ngilu,cenut-cenut atau nyeri pada bagian gigi.Rasa sakit yang timbul disekitar gigi maupun pada gigi itu sendiri disebabkan oleh berbagai macam faktor.Diantaranya adalah karena masalah rahang dan masalah pada gigi itu sendiri,misalkan gingivitis,karies gigi atau penyakit rahang bahkan bisa merasakan sakit pada gigi karena gejala penyakit lain misalnya saja penyakit jantung.Perlu diketahui bahwa sakit gigi juga dapat menimbulkan penyakit lain seperti pembunuh nomor satu didunia atau penyakit jantung.Ngerikan!

Kondisi kebersihan pada gigi sangatlah mempengaruhi kesehatan gigi kita maka wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga kondisi kebersihan gigi kita karena sebab utama masalah gigi itu pada kebersihan giginya.Biasanya bila orang terkena masalah penyakit gigi maka rasa sakit ,ngilu atau cenut,cenut akan terus dirasakan terutama diarea sekitar gigi dan bagian rahang gigi.

Pada berbagai macam kasus penyakit gigi ditimbulkan oleh masalah gigi misalkan saja gigi mengalami keretakan pada gigi,terdapat rongga,ada akar gigi yang terekspos atau masalah pada gusi.Ada kalanya bila terjadi gangguan pada sendi rahan maka bisa juga mengakibatkan sakit gigi. Adapun tingkatan kondisi pada masalah sakit gigi mulai dari level ringan,sedang,parah dan bahkan sampai pada level kronis yang menimbulkan rasa sakit yang luar biasa tajam dan menyiksa.Bila anda sedang sakit gigi maka salah satu yang menjadi pantangan adalah jangan memakan makanan atau minum minuman pada kondisi yang terlalu dingin atau terlalu panas.Hal ini dikarenakan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa menambah rasa sakit pada gigi anda  yang sedang sakit.  

Sakit gigi tidaklah selalu disebabkan masalah gigi atau masalah rahang akan tetapi rasa sakit pada gigi bisa juga karena dampak atau efek dari gejala penyakit lainnya misalnya penyakit jantung atau angina,bisa juga karena masalah telinga karena terjadi infeksi pada bagian dalam maupun luar dan bisa juga diakibatkan oleh sinus yaitu udara bagian dari tulang pipi.Angina terjadi karena asupan darah dengan kandungan O2 yang menuju jantung kurang sehingga menimbulkan rasasakit pada gigi.Sinus dan infeksi pada bagian telinga juga dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi kita.Maka dari itu hendaknya para dokter gigi sebelum memeriksa pasien yang mengalami rasa sakit pada giginya hendaknya diperiksa dulu apa penyebab sakit gigi yang sedang terasa sebelum memutuskan untuk pembuatan resep obat untuk si pasiaen karena meminum obat yang tidak tepat malah akan menimbukan masalah baru.

Penyebab sakit gigi

Ada beberapa faktor utama yang menjadi penyebab sakit gigi  diantaranya adalah masalah gigi meliputi keretakan gigi,adanya rongga pada gigi dan yang paling sering karena gigi berlubang selain itu adalah penyakit gusi yang meliputi gusi berdarah,gatal pada gusi.Erosi gigi dan impaksi .Yang menjadi penentu utama terjadinya sakit gigi adalah adanya jasad renik yang hidup dan tumbuh berkembang pada gigi anda entah pada lubang gigi , pada rongga gigi , pada gigi yang retak atau pada plak dan karang gigi yang menjadi tempat kuman bersarang dan berkembang m.Jasad renik tumbuh dan menimbulkan rasa sakit pada gigi itu dikarenakan adanya sisa makanan pada gigi kita.Maka dari itulah kenapa menjaga gigi agar selalu bersih dengan kumur atau sikat gigi adalah hal yang sangat penting agar gigi kita tetap sehat.
sikat gigi agar tidak sakit gigi

Gigi Berlubang

Dari berbagai faktor penyebab sakit gigi yang paling sering menjadi penyebab sakit gigi atau penyebab paling utamanya adalah masalah gigi berlubang(Karies).Karies atau gigi berlubang akan muncul pada lapisan gigi luar yaitu dentin dan enamel sedangkan lubang gigi ada dalam 2 lapisan itu.Adapun proses atau tahap terjadinnya lubang pada gigi yaitu diawali dengan adanya sisa makanan pada gigi karena tidak dibersihkan atau karena kurang bersih saat membersihkan sisa makanan pada gigi.

Sisa makanan yang mengandung tepung atau gula berpotensi menimbulkan lubang gigi.Zat tepung bila bertemu enzim petialin pada air liur akan berubah menjadi gula sedangkan zat gula pada celah gigi akan bertemu dengan berbagai bakteri tertentu yang merubah dari zat gula menjadi zat asam.Zat asam inilah yang akan meleburkan lapisan keras pada gigi anda yaitu dentin dan enamel. Dan bersama air liur lapisan keras yang telah lunak atau lebur akan larut.

Mungkin rongga atau lubang yang terbentuk adalah kecil dan dangkal sehingga tidak terasa sakit dan sering dianggap remeh namun bila dibiarkan akan muncul rongga baru di dalam rongga lama sehingga rongga gigi semakin dalam.Apabila rongga gigi sudah menembus 2 lapisan karies pada gigi maka rasa sakit pasti terasa karena dibawah lapisan keras ini terdapat jaringan hidup yang disebut dengan pulp.

Bakteri penyebab sakit gigi akan berkembang didalam rongga gigi yang sudah dalam akan melahirkan bakteri baru yang menimbulkan rasa sakit pada gigi dan sakit gigi anda semakin bertambah parah.Karena lubang gigi sudah menembus pada pulp maka akan mudah terasa sakit saat terkena makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin ditambah bakteri yang terus berkembang dan melukai pulp maka bila dibiarkan akan menimbulkan kematian jaringan pulpa dan berpotensi sekali menyebabkan infeksi pada gigi atau sering disebut abses gigi.

Untuk merawat gigi yang berongga dan rongganya masih kecil atau masih dangkal biasanya para ahli gigi menerapkan sistem perawatan gigi mengisi dan untuk merawat rongga yang besar maka dibutuhkan hiasan atau sering disebut dengan mahkota.Namun apabila rongga atau lubang gigi sudah menembus jaringan hidup/pulp maka harus menerapkan saluran akar prosedur atau mengekstrasi saluran gigi yang terkena(gigi yang bermasalah).Prosedur ini akan menghapus jaringan pulpa yang mati dengan tujuan menghindari terjadinya infeksi gigi lalu menggatinya dengan suatu bahan inert mengisi.

Langkah atau prosedur ini bertujuan untuk menyelamatkan gigi mati dari pengekstrasian.Setelah melalui prosedur saluran akar dampaknya gigi akan lebih rentan pada fraktur dan sering pula membutuhkan hiasan atau mahkota sebagai pelindung.


Periodontal/penyakit gusi 


Selain masalah gigi berlubang penyakit pada gusi juga menjadi faktor penyebab sakit gigi yang paling sering terjadi dimasyarakat.

Periodontal/penyakit gusi biasanya sering mengacu pada jaringan lunak gusi serta menghilangnya secara abnormal tulang yang mengitari dan memegang gigi ditempatnya. Periodontal adalah penyakit yang disebabkan oleh racun yang dilahirkan oleh bakteri tertentu yang ada dalam plak gigi dimana plak itu menumpuk dari waktu kewaktu disepanjang garis gusi.Plak yang menempel ini adalah kumpulan dari air liur ,makanan dan bakteri yang bercampur.

Apabila anda mengalami gusi berdarah yang mana anda tidak merasakan sakit sama sekali maka itulah gejala pertama penyakit gusi.Apabila dibiarkan lama-kelamaan akan terasa nyeri atau sakit dan ini menandakan bahwa gejala penyakit gusi yang terjadi semakin parah.Rasa sakit ini terjadi karena tulang disekitar gigi menghilang dan menuju pada pembentukan kantong gigi pada bagian dalam.Pada kantong yang sudah terbentuk akan menjadi sarang bakteri yang mengakibatkan gusi bengkak,infeksi gusi dan kerusakan pada tulang yang lebih parah.

Akibat dari penyakit gusi yang sudah mencapai tingkat lanjut dapat mengakibatkan gigi tanggal walaupun gigi itu sehat.Beberapa penyakit gusi misalnya gusi bengkak, gusi berdarah atau bahkan gusi bernanah.

Penyakit gusi sering diakibatkan beberapa faktor seperti mulut yang tidak terjaga kebersihanya,karena keturunan,merokok serta karena ada sejarah keluarga yang mengalami diabetes.

Pada proses pengobatan masalah penyakit gusi biasanya  pasien diharuskan untuk membersihkan dan menjaga kebersihan mulut dan menghilangkan plak bakteri serta karang gigi (plak yang mengeras). Sedangkan pada penyakit gusi lanjut biasanya membutuhkan pembersihan yang menyeluruh pada gigi dan akar gigi yang disebut "scaling dan root planing" serta "kuretase subgingival." 

Scaling dan root planing adalah proses pengangkatan plak pada gigi dan tartar dari akar gigi terekspos sementara kuretase subgingival menuju pada pengambilan jaringan gusi yang meradang pada permukaan lapisan. Kedua prosedur ini biasanya ditempuh dengan bius lokal dan akan disertai dengan penggunaan antibiotik oral untuk mengatasi abses atau infeksi gusi .

Tindak lanjut pengobatan, jika diperlukan dapat mencakup berbagai macam jenis operasi pada gusi. Didalam penyakit gusi lanjut dengan kerusakan tulang yang signifikan dan melonggarkan gigi, mungkin dibutukan ekstraksi gigi atau belat.

Akar Gigi

Penyebab utama yang ketiga adalah masalah akar gigi .Pada umumnya akar lebih rendah merupakan 2/3 dari gigi yang dikubur ditulang,Gusi dan tulang surut karena tulang disekitar gigi terlarut oleh racun bakteri tertentu.Kondisi akar terkena dinamakan resesi.

Bila akar sudah terbuka maka akan sangat sensitif atau peka terhadap makanan yang dingin atau panas serta asam karena akar itu tdak lagi terlindungi oleh gusi yang sehat dan tulang.

Tahap awal paparan akar dapat diobati menggunakan gel fluorida topikal diterapkan oleh dokter gigi atau dengan pasta gigi khusus (seperti Sensodyne atau Denquel) yang mengandung mineral dan fluor. Mineral pada pasta gigi khusus itu diserap lapisan permukaan akar dengan tujuan membuat akar yang kuat dan kurang peka terhadap keadaan mulut.

Dokter gigi mungkin juga berlaku "agen pengikat" yang mengarah ke akar terkena segel area yang sensitif. Jika paparan akar menimbulkan luka dan kematian dari hidup dalam jaringan pulpa , maka dari itu  prosedur saluran akar atau pencabutan gigi mungkin diperlukan.
Sindrom Gigi Retak (Cracked Tooth Syndrome)

"Sindrom gigi retak" (Cracked Tooth Syndrome) yang mana bbiasanya mengacu pada sakit gigi yang disebabkan oleh gigi patah (gigi fraktur) tanpa rongga berhubungan atau penyakit gusi lanjut. Menggigit pada area gigi yang patah/fraktur dapat menyebabkan nyeri atau ngilu yang tajam parah. Patah pada gigi biasanya karena mengunyah atau menggigit benda keras seperti permen keras, kacang,pensil,besi,batu dll.

Para dokter gigi biasanya bisa mendeteksi fraktur dengan memberi pewarna khusus pada gigi yang retak atau bersinar lampu khusus pada gigi kita. Pengobatan gigi retak biasanya menggunakan pelindung gigi dengan hiasan/mahkota penuh cakupan yang dibuat dari emas atau porselen.Tetapi, apabila menempatkan sebuah hiasan/mahkota tidak bisa meringankan gejala nyeri pada gigi yang fraktur maka akan ditempuh prosedur saluran akar.
emang enak sakit gigi

.
Gangguan Temporomandibular Joint (TMJ)


Gangguan pada sendi temporomandibular bisa mengakibatkan rasa sakit yang biasanya terjadi didalam atau di bagian area telinga atau rahang bawah. Engsel TMJ rahang bawah (mandibula) untuk tengkorak dan bertanggung jawab atas kemampuan untuk mengunyah atau berbicara.Gangguan TMJ dapat diakibatkan  karena berbagai macam masalah seperti cedera arthritis (seperti pukulan pada wajah), atau bisa juga rasa lelah pada otot rahang dari kebiasaan mengepalkan atau penggiling gigi.

Bruxim atau kebiasaan mengepalkan gigi dapat menyebabkan rasa sakit pada  otot rahang,sendi dan gigi yang terlibat.Bruxism terjadi akibat dari hidup "stres," ,sejarah keluarga bruxism dan keselarasan menggigit miskin. Kadang-kadang,otot-otot sekitar sendi rahang yang digunakan untuk mengunyah dapat pergi ke kejang, menyebabkan rasa sakit kepala dan leher dan kesulitan membuka mulut normal.Kejang pada otot akan diperburuk oleh mengunyah atau oleh stres yang menjadikan pasien untuk mengepalkan gigi dan lebih mengencangkan otot-otot ini.

Sementara nyeri TMJ juga bisa karena dampak dari perawatan gigi yang baru atau oleh trauma ekstraksi gigi bungsu dampak.

Pada proses pengobatan nyeri sendi temporo mandibula biasanya memekai oral anti inflasi over the counter (OTC),obat-obatan misalnya naproxen/ibuproven sert langkah-langkah lain seperti lembab hangat kompres guna bersantai didaerah bersama,pengurangan rasa stres serta memakan makanan yang lunak supaya tidak terlalu sering mengunyah.Apabila dokter mendeteksi bruxism maka dokter akan merekomendasikan suatu alat gigitan untuk pelindung gigi.

Akan tetapi alat ini digunakan hanya untuk melindungi gigi dan tidak bisa untuk membantu dengan nyeri sendi.Pada kasus nyeri yang lebih serius maka memungkinkan untuk menentukan perawatan selanjutnya.


Implikasi dan erosi


Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh gigi yang sudah tanggal namun tumbuh kedalam posisi yang tepat namun berada dibawah gusi/tulang.Saat gigi geraham yang terahir pada bagian belakang mau tumbuh di yang ada disekitarnya bisa meradang dan bengkak sehingga gigi yang jadi tetangganya terkena dampak dan ikut-ikutan sakit juga.

Untuk mengatasinya biasanya dioprasi untuk mengangkat gigi yang tumbuh atau hanya dengan obat nyeri serta anti biotik

Ketidak seimbangan hormon

Hal ini biasanya terjadi pada wanita.Wanita mengalami ketidak seimbangan hormor pada masa hidupnya ketika masa menstruasi,pubertas,kehamilan dan menopause.Keadaan ini mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.Yang paling parah adalah pada masa menstruasiapa bila dibandingkan dengan 3 masa lainnya.Peradangan gusi dan jaringan periodonta adalah hal yang sering terjadi.Inilah alasan kenapa kaum hawa lebih sering sakit gigi dibandingkan dengan kaum adam.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sakit Gigi dan Penyebab Sakit gigi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sakitgigikita.blogspot.com/2014/01/sakit-gigi-dan-penyebab-sakit-gigi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Najla Alliya said...

penyebab sakit gigi bisa juga disebabkan oleh makanan danminuman

Post a Comment

Pages

Popular Posts

Buat Email | Copyright of Sakit Gigi.

histat